Grafik, Hypermedia dan Multimedia
Apa itu Grafik???
Graphics adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto, dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu
yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat
menghasilkan sesuatu yang khusus atau
sangat berguna dalam bidang gambar.
Grafik Bisnis
Grafik Bisnis adalah presentasi visual informasi melalui bagan,
grafik, dan simbol.
~ Grafik Dekoratif adalah grafik yang secara umum
mengutamakan ornamental.
~ Grafik Animasi adalah grafik yang mampu bergerak dengan
bantuan program tertentu.
Jenis – jenis grafik bisnis:
• Bar charts
• Pie charts
• Area line charts
• Line charts
•Pictograms
Grafik Presentasi
Grafik Presentasi adalah grafik-grafik yang digunakan
sebagai alat bantu visual untuk memperkuat ide-ide.
Grafiknya terdiri dari:
• Teks
• Tabel
• Line art / Clip art
• Foto
• Grafik Bisnis
Program grafik presentasi dapat
membuat:
• Slide
• Note pages
• Handouts
• Outlines
Grafik Ilustrasi
Grafik Ilustrasi adalah kumpulan ‘tools’ untuk membuat grafik 3D dengan kedalaman, kurva
kompleks, efek bayangan, ribuan warna.
Jenis-jenis piranti lunak grafik ilustrasi:
• Drawing Program
• Paint Program
• Image editing
Apa itu Hypermedia???
suara dan bahkan video.
Hypermedia merupakan perpanjangan logis dari
istilah hypertext di mana teks, grafis, video, audio
biasa dan hyperlink untuk menciptakan umumnya
non-linear media informasi.
Contoh hypermedia adalah World Wide Web
Fungsi Hypermedia :
• Untuk bergerak dalam serangkaian informasi tanpa
harus melalui struktur yang telah ditetapkan.
• Untuk browsing (pengguna dapat browsing, bernavigasi melalui informasi dengan memilih
• Untuk browsing (pengguna dapat browsing, bernavigasi melalui informasi dengan memilih
rute yang menarik).
• Untuk link (pengguna bisa membuat link atau
koneksi mereka sendiri dengan sebuah informasi).
• Untuk authoring (pengguna bisa membuat atau
menulis, koleksi informasi khusus mereka sendiri,
dengan cara menghubungkan atau menambahkan teks, grafik, serta audio yang mereka inginkan.
dengan cara menghubungkan atau menambahkan teks, grafik, serta audio yang mereka inginkan.
4 konsep yang menjadi inti model HDM (Hypermedia Design
Model):
1. In-the-large adalah susunan dan kelakuan aplikasi
hypermedia secara keseluruhan.
2. In-the-small adalah rincian susunan dan kelakuan
aplikasi.
3. Structure (in-the-large, in-the-small) adalah cara penyusunan isi aplikasi.
4. Dynamics (in-the-large, in-the-small) adalah deskripsi dan cara kelakuan aplikasi.
3. Structure (in-the-large, in-the-small) adalah cara penyusunan isi aplikasi.
4. Dynamics (in-the-large, in-the-small) adalah deskripsi dan cara kelakuan aplikasi.
Pada dasarnya konsep dasar hypermedia bersifat interaktif
dan eksploratif
Kelebihan Hypermedia :
• Hypermedia dapat memungkinkan mengakses ke sebagian besar informasi secara non linear.
• Pengguna bisa mencari informasi sesuai dengan keinginannya secara lebih mendalam.
• Interaksi dengan materi pembelajaran bisa diulangulang.
• Hypermedia dapat mempresentasikan cara kerja pikiran manusia.
• Hypermedia menarik untuk digunakan.
• Hypermedia dapat memungkinkan mengakses ke sebagian besar informasi secara non linear.
• Pengguna bisa mencari informasi sesuai dengan keinginannya secara lebih mendalam.
• Interaksi dengan materi pembelajaran bisa diulangulang.
• Hypermedia dapat mempresentasikan cara kerja pikiran manusia.
• Hypermedia menarik untuk digunakan.
Apa itu Multimedia???
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi
oleh dunia game.
Aplikasi Multimedia
1. Media Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi
dalam bentuk audio dan video.
• Windows media player - XMSS
• Winamp - Real player
• WinDVD - Divx player
• Power DVD - Xine
2. Audio / Video Editor
Video atau audio adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan
mamanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
• Adobe premiere pro
• Adobe premiere elements
• Windows movie maker
• Pinnacle studio
• TMPGEnc
3. Graphis / Image Viewer
Image viewer adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk melihat (view)
image secara terorganisasi pada sebuah
direktori. Format image yang telah di
dukung oleh aplikasi image viewer, seperti
jpeg/jpg, gift, png, ico, dll.
• ACDsee
• Xnview
• Irfan View
• Microsoft picture manager
• Microsoft picture and fax viewer
4. Graphic / Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk melukis,
menggambar, mengedit, dan
memanipulasi image atau gambar secara
interaktif pada sistem computer.
Perangkat lunak image editor dimulain
dari editing yang sederhana sampai yang
kompleks.
• Adobe photoshop
• Coral draw
• Microsoft paint
• Panit soproh
• GIMP
5. Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat
lunak yang digunakan untuk membuat,
mengedit, dan memanipulasi informasi
dalam bentuk animasi.
• Macromedia flash
• Macromedia flash
• Houdini animation software
• Power animator
6. Graphic 3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk
membuat, mengedit, dan memanipulasi
informasi dalam bentuk gambar 3
dimensi. Berbeda dengan gambar atau
image secara umum dalam bentuk 2
dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan
reprotensi gambar dalam 3 dimensi 3(D).
• 3D Studio Max
• Silo 3D modelling
• Maya
thanks ya ges ya
Komentar
Posting Komentar